Sabtu, 16 Februari 2008

SBY Abaikan Calon Internal BI

[IndoPos] - Pupus sudah harapan sejumlah kalangan yang menginginkan adanya calon dari kalangan internal untuk posisi gubernur Bank Indonesia (BI). Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tadi malam telah menetapkan dua calon gubernur BI dari luar BI untuk diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dua nama calon yang diajukan SBY itu adalah Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo dan Ketua Tim Forum Stabilitas Sistem Keuangan dan Wakil Direktur Perusahaan Pengelola Aset (PPA) Raden Pardede.

Menurut sumber Jawa Pos, surat dari Presiden SBY itu diterima Sekretariat Pimpinan DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta tadi malam sekitar pukul 21.30. Setelah menerima surat pengajuan kandidat dari presiden, DPR akan mengumumkan nama-nama tersebut saat sidang paripurna pada Selasa (19/2). Melalui Badan Musyawarah DPR, calon-calon gubernur BI tersebut akan diproses melalui uji kepatutan dan kelayakan. Proses fit and proper test itu bisa berlangsung satu bulan lebih.

Setelah Gubernur BI Burhanuddin Abdullah tidak bersedia dicalonkan kembali setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus aliran dana BI, kalangan internal BI berusaha memunculkan nama kandidat baru. Nama-nama yang beredar, antara lain, Deputi Gubernur BI Hartadi A. Sarwono, Muliaman D. Hadad, dan Deputi Gubernur Senior Miranda Gultom.

Tidak ada komentar: